5 Alasan Mengapa Bisnis Franchise Cocok untuk Para Traveller

Hasil gambar untuk site:.kredivo.com bisnis

Modal dan jenis bisnis adalah dua pondasi penting yang perlu dimiliki dan ditentukan bagi siapa pun yang mau mulai membangun bisnis.

Untuk modal, sebenarnya yang paling ideal sumbernya berasal dari dana tabungan pribadi. Namun, karena bisnis termasuk aktivitas produktif yang menghasilkan, nggak ada salahnya juga untuk mendapat modal bisnis dari pinjaman dengan agunan lewat bank atau pinjaman tunai tanpa jaminan proses cepat dari fintech seperti Kredivo.

Sementara untuk jenis bisnis, idealnya sudah harus ditentukan sebelum cari modal. Jadi, jumlah modal akan mengacu pada rencana bisnis yang sudah dibuat. Untuk skala pemula atau yang awam sama sekali dengan cara berbisnis, memulai bisnis dari 0 pasti akan sangat menantang sekaligus sulit. Belum lagi perhitungan risiko untung dan ruginya. Dari sinilah, jenis usaha franchise bisa jadi solusi bagi traveller yang tidak punya waktu untuk memanage, bahkan tidak memahami bisnis apapun (pemula)

Mengapa? Simak ulasannya berikut ini!

Modal minim, paket produk lengkap

Yang dimaksud dengan bisnis franchise atau waralaba adalah jenis usaha ‘siap jadi’ yang diperdagangkan oleh produsen atau franchisor yang produknya sudah lebih dulu sukses di pasaran. Contohnya, franchisor A sukses membuka usaha pisang goreng crispy. Karena banyaknya permintaan pasar, kemudian franchisor A membuka peluang bisnis bagi mereka yang tertarik juga untuk jualan pisang goreng crispy buatannya.

Mereka yang tertarik, harus membeli atau membayar royalti dengan jumlah tertentu untuk bisa dapat satu paket dagang pisang goreng crispy yang sudah dibuat franchisor A. Biasanya, satu paket franchise akan meliputi hak untuk menggunakan logo, merek, booth/stand dagang, serta bahan baku siap pakai. Untuk kisaran harga paket franchise juga bervariasi, biasanya tergantung jenis produk yang dijual. Kalau makanan ringan seperti pisang goreng, umumnya berkisar mulai Rp 1 juta sampai Rp 8 juta.

Kalau tabungan belum cukup, perkara modal nggak perlu khawatir. Dengan Kredivo, kamu bisa mendapat pinjaman tunai tanpa jaminan proses cepat mulai dari Rp 500 ribu sampai Rp 30 juta sesuai dengan limit atau plafon kredit yang kamu miliki di akun Kredivo-mu. Nah, supaya bisa dapat plafon kredit dan ajukan pinjaman tunai tanpa jaminan proses cepat, kamu perlu daftar Kredivo dulu.

Syaratnya gampang: wajib berusia minimal 18 tahun ke atas, punya penghasilan bulanan tetap minimal Rp 3 juta, dan berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. Daftar lewat aplikasi Kredivo, download di Google Play Store atau App Store.

Target pasar sudah tersedia

Karena sudah lebih dulu sukses di pasaran, bisnis franchise juga otomatis sudah punya target pasar dan penggemarnya sendiri. Misalnya, pisang goreng yang bisa jadi favorit semua kalangan atau minuman coklat yang jadi favorit anak sekolah. Dengan kata lain, kalau membeli bisnis franchise, kamu hanya tinggal cari lokasi dagang yang cocok yang dekat dengan target bisnis yang kamu ambil.

Sementara, kalau memulai bisnis baru dari awal, riset pasar, ‘cek ombak’, dan melakukan tes product market fit (bisa atau tidaknya produkmu diterima pasar), wajib untuk dilakukan. Dan tentunya, memakan waktu lebih panjang dan risiko kerugian yang lebih besar.

Minim biaya promosi dan marketing

Kalau merek dan jenis produk franchisenya sudah populer dan sudah punya target pasar, artinya, kamu bisa sekaligus menghemat biaya promosi dan marketing. Jenis promo yang umum dilakukan pebisnis makanan yang baru buka toko adalah buy 1 get 1 atau beli 1 diskon 50%. Meski efeknya akan menarik banyak orang untuk notice pada dagangannya, nggak main-main, ini sekaligus juga akan memakan biaya promosi yang begitu banyak.

Dengan bisnis franchise, asal kamu bisa cari lokasi yang tepat, merek dagang dan jenis produk yang kamu jual sudah bisa jadi daya tarik tersendiri bagi calon pelangganmu.

Nggak perlu meraba-raba langkah awal mengoperasikan bisnis

Misalnya, untuk bisnis makanan, resep adalah kunci. Menciptakan resep yang rasanya universal dan bisa diterima banyak orang tentunya perlu keahlian khusus dan uji coba berkali-kali. Belum lagi ditambah keahlian untuk menjaga rasa makanan itu tetap sama setiap hari supaya pelanggan nggak kabur.

Nah dengan bisnis franchise, terutama yang jenisnya makanan, franchisor pasti akan memberikan SOP beserta resep buatannya satu paket dengan royalti atau biaya yang kamu bayarkan. Yang perlu kamu lakukan hanya tinggal latihan untuk menciptakan makanan yang sesuai dengan resep atau petunjuk tersebut. Ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk memperkuat merek usaha dagang dan mempertahankan reputasi bisnis.

Ada pelatihan & sudah pasti menguntungkan

Selain pelatihan resep atau cara mengoperasikan bisnis, franchisor juga biasanya akan memberikan pelatihan tentang mengatur keuangan, panduan memilih lokasi, cara mempertahankan reputasi bisnis, cara melatih karyawan, bantuan promosi, hingga cara memberikan servis yang baik bagi pelanggan. Jadi, bisa dipastikan, dana atau modal yang kamu keluarkan untuk membayar biaya royalti dan sewa franchise akan menguntungkan. Nggak hanya dari segi penjualan atau bisnis, tapi juga dari sisi edukasi atau pengetahuan soal cara berbisnis itu sendiri.

Karena sudah pasti menguntungkan, jadi nggak perlu khawatir kalau berbisnis franchise dengan modal dari pinjaman. Ditambah lagi, untuk pinjaman tunai tanpa jaminan proses cepat, Kredivo hanya membebankan suku bunga sebesar 2,95% per bulan. Suku bunga ini dijamin paling rendah dibandingkan dengan lembaga pinjaman sejenisnya. Yang paling menarik, proses approval pinjaman dan pencairan dana hanya memakan waktu 1 hari kerja!

Fitur pinjaman tunai yang ada di aplikasi Kredivo hanya tersedia khusus bagi pengguna cicilan. Jadi, pastikan kamu sudah terdaftar sebagai pengguna Cicilan Kredivo. Ada dua jenis pinjaman yang tersedia, yaitu pinjaman mini dengan jumlah pinjaman minimal Rp 500 ribu dan tempo waktu pengembalian maksimal 30 hari, dan pinjaman jumbo dengan jumlah pinjaman minimal Rp 1 juta dan tenor pengembalian 3 & 6 bulan. Maksimal pinjaman yang bisa kamu ajukan adalah sejumlah limit yang kamu punya untuk tenor 6 bulan. Kalau ada Rp 10 juta, maka artinya, kamu bisa pinjam sampai dengan Rp 10 juta.

Keuntungan lain dengan pakai Kredivo, kamu bisa belanja cicilan di merchant online rekanan Kredivo (Tokopedia, Lazada, Shopee, Blibli, JD.id, dll) tanpa kartu kredit dengan tenor s.d 12 bulan. Selain itu, kamu bisa juga beli pulsa, paket data, token listrik, sampai nyicil tiket pesawat ke mana pun langsung di aplikasi Kredivo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *